Langsung ke konten utama

Menampilkan Volume Label Flash Disk pada Windows 7

Saat memasukkan Flash Disk pada komputer ber-OS Windows 7, Flash Disk yang kita masukkan akan terbaca dengan nama ‘Removable Disk’. Padahal Flash Disk tadi sudah diberi nama bahkan sudah diformat ulang dan diberi Volume Label (misalnya ‘Paggun’). Akibatnya kita tidak tahu mana yang Flash Disk kita dan mana Flash Disk teman yang kebetulan masuk bersamaan pada satu komputer. Bisa jadi kita salah mentransfer file atau meng-eject Flash Disk. Bikin repot kan?
 
Nah, untuk menampilkan Volume Label atau nama Flash Disk kita pada Windows Explorer seperti di Windows XP, kita harus menonaktifkan satu service bawaan Windows 7. Caranya ialah sebagai berikut:
  • Buka program ‘Service’. Yaitu dengan mengklik tombol ‘Start’ kemudian ketikkan ‘Service’ pada kota ‘Search programs and files’

  • Double klik ‘Shell Hardware Detection’ hingga terbuka jendela seperti dibawah ini
  • Klik tombol ‘Stop’ untuk menghentikan service
  • Selanjutnya ubahlah status Startup Type menjadi ‘Disable’
  • Klik ‘OK’ dan selesai
Sekarang coba eject Flash Disk, cabut Flash Disk dari komputer lalu masukkan lagi, maka secara otomatis nama Flash Disk akan ditampilkan pada Windows Explorer.
 
Kekurangannya, trik ini tidak bekerja pada jendela ‘Save’ atau ‘Open’ sebab Flash Disk tetap terbaca sebagai Removable Disk.
 
Semoga bermanfaat!

Komentar

joseph mengatakan…
thanks mastah..
setelah 2 harian in ta ubrek2 bah gugell baru ktemu cara yg agan share..
skali lg thanks..
Anonim mengatakan…
syukron jazilan... (santri Krapyak Jogja)