Langsung ke konten utama

Situ Cibeureum: Surganya Para Goweser

Sunrise di Situ Cibeureum. Sisi lain kota Bekasi
Bersepeda adalah aktivitas yang sangat menyenangkan, selain membuat badan lebih bugar, mata juga akan dimanja dengan berbagai pemandangan bagus di sepanjang jalan yang kita lalui. Unsur rekreasi inilah yang membuat saya rutin bersepeda, paling tidak setiap minggu pada hari libur. Biasanya saya bersepeda hanya di sekitar Bekasi saja. Pernah dua kali ke Sodong di Bogor, menikmati pemandian sumber air alami yang berjarak 32 km dari rumah. Namun, menempuh jarak sejauh itu tidak saya lakukan setiap minggu, hanya sesekali saja jika waktunya benar-benar lowong. Di samping itu, saya pikir buat apa jauh-jauh ke Bogor jika di Bekasi ada tempat bagus untuk dikunjungi dengan bersepeda?

Sepeda terparkir pada tempat parkir yang tersedia di sisi danau
Nah, dari beberapa destinasi bersepeda di Bekasi yang sering saya kunjungi adalah Situ Cibeureum. Situ Cibeureum terletak di Tambun, Kabupaten Bekasi, tepatnya di belakang perumahan elit Grand Wisata. Situ Cibeureum tidak hanya menjadi tujuan wisata warga sekitar Bekasi, tetapi juga menjadi favorit orang-orang dari luar kota untuk melepas penat di hari senggang. Setiap hari Sabtu dan Minggu, Situ Cibeureum selalu ramai oleh banyak pengunjung. Nah, jika ingin bersepeda ke Situ Cibeureum, waktu yang paling tepat adalah Sabtu atau Minggu pagi, karena pada saat itulah para goweser dari berbagai daerah berkumpul di sana.

Ada track buat jumping juga, meski Polygon Premier 3.0 saya belum bisa diajak jumping
Situ Cibeureum merupakan tempat istirahat favorit para goweser, tidak hanya dari Bekasi saja, tetapi juga dari luar kota seperti Karawang dan Jakarta. Situ Cibeureum seakan memiliki magnet yang menarik mereka dengan kuat untuk rajin bersepeda ke sana, paling tidak 2 minggu sekali. Tidak hanya pemandangan alamnya yang indah, Situ Cibeureum juga merupakan tempat istirahat yang nyaman bagi para goweser untuk melepas lelah setelah menempuh jarak puluhan kilometer. Di pinggiran danau terdapat jalan tempat lalu lalang para pengunjung. Di satu sisi jalan tersebut tersedia warung-warung yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman, sementara di sisi yang lain terdapat saung-saung tempat mereka menikmati makanan dan minuman yang mereka pesan atau untuk sekedar duduk dan selonjoran menikmati semilir angin yang berhembus membuai.

Berapa goweser terlihat memperbaiki sepeda mereka
Khusus pada hari Sabtu dan Minggu pagi  di Situ Cibeureum ada lapak-lapak yang menyediakan peralatan bersepeda, seperti jersey, celana, helm, sepatu, tas, dan aksesoris bersepeda lainnya. Bagi goweser yang berasal dari tempat yang jauh, terdapat bengkel untuk memperbaiki sepeda mereka yang rusak. Jadi mereka tidak perlu khawatir lagi sepeda tidak bisa digunakan untuk pulang. Bengkel ini juga melayani para goweser yang ingin melakukan upgrade komponen sepeda dan menyediakan sparepart untuk mereka yang ingin mengganti atau mengupgrade komponen sepedanya sendiri. Sparepart yang tersedia cukup lengkap untuk berbagai jenis sepeda, dari jenis sepeda gunung, touring, bmx, bahkan sepeda balap. Namun sparepart paling lengkap tentu saja untuk jenis sepeda gunung, soalnya setiap minggunya goweser terbanyak yang berkunjung ke sini adalah pengguna sepeda gunung. Yang paling saya suka adalah harga yang ditawarkan para pelapak di sini relatif lebih bersahabat dibanding toko-toko sepeda. Sebab itulah jika ingin berbelanja kebutuhan bersepeda saya pasti ke Situ Cibeureum. Kecuali jika barang tidak tersedia, biasanya saya beli di toko online.


Track Offroad Cibeureum
Situ Cibeureum tak ubahnya surga bagi para goweser. Jika Anda adalah seorang pemula, berkunjunglah ke sini pada hari Minggu pagi, Anda akan melihat puluhan (bahkan ratusan) sepeda di sana. Ada yang lalu lalang di sepanjang jalan pesisir danau, ada juga yang terparkir rapi di sisi kiri-kanan jalan. Anda akan melihat berbagai jenis sepeda, utamanya sepeda gunung dari berbagai merek, dari jenis XC sampai yang jenis DH, dari yang harga ratusan ribu hingga yang puluhan juta. Yah, jujur saya sendiri suka tergiur jika melihat sepeda-sepeda jenis AM dengan frame yang kokoh berjalan gagah. Siapa tahu dengan berkunjung ke sini dan bergaul dengan banyak goweser semangat Anda untuk bersepeda akan terpecut.

Polygon dan Pacific sehabis offroading (model: Iswanto) 
Oh ya, saat ini di Situ Cibeureum juga tersedia track untuk offroading. Anda bisa melakukan jumping-jumping dan melibas medan tanah merah di track ini sampai puas. Akan lebih pas jika Anda melalui track ini sehabis hujan turun, karena medannya akan becek sangat cocok untuk offroading habis-habisan. Tentu ini bukan untuk Anda yang tidak suka kotor-kotoran. Terakhir kali saya ke sana bersama teman, sepeda teman saya rodanya tidak bisa berputar karena tanah terlalu tebal menempel di rodanya. Ujung-ujungnya bukan dia yang naik sepeda, tetapi sepeda naik dia. Haha