Langsung ke konten utama

Pengantin Wanita

Dalam seminggu saya sudah menghadiri beberapa acara pesta pernikahan. Dalam seminggu beberapa kali pula saya melihat pengantin berpasangan. Saya memperhatikan dandanan yang mereka pakai (dandanan ala pengantin pada umumnya). Ada satu hal yang saya dapatkan: pengantin selalu berdandan (lebih pasnya didandani) secara berlebihan alias menor. Dandanan seperti ini seakan sudah menjadi sebuah kelumrahan dalam dunia per-pengantin-an.

Memang ada beberapa pengantin yang tidak sampai seperti itu. Hanya saja, sejauh pengamatan yang saya lakukan, biasanya pengantin (terutama yang wanita) didandani secara berlebihan. Mereka memakai bedak yang tebal, lipstik tebal, dan pewarna (pacar) yang berlebihan di beberapa bagian tubuhnya, seperti tangan, kaki, dan kuku. Dandanan seperti itu bagi saya (secara pribadi) bukan menambah cantik, tapi malah menambah tidak menarik. Penampilan mereka tidak lagi terlihat alami dan terkesan dibuat-buat, sangat dibuat-buat.

Sebenarnya masalah utamanya tidak terletak pada makeup atau pewarna yang digunakan, melainkan cara mendandaninya. Jika pengantin didandani secara proporsional, tidak berlebihan, tentu saja mereka akan terlihat lebih cantik dan memukau tanpa menghilangkan orisinilitas penampilan asli mereka. Jadi tidak terkesan tampil seperti orang yang berbeda karena bedak yang terlalu tebal seperti topeng.

Jadi sebelum menentukan dandanan seperti apa yang akan dipakaikan pada pengantin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: pertama, warna kulit; kedua, bentuk wajah; ketiga, postur tubuh; keempat, pasangan; dan kelima (jika perlu), tema. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, para perias dapat memilih warna makeup yang pas, baju penganten yang sesuai dan hal-hal lain terkait dandanan penganten.

Untuk itu, perias penganten harus memiliki cita rasa dan seni yang tinggi. Jadi tidak mendandani penganten dengan cara random. Sebab, bisa jadi dandanan seperti ini cocok untuk penganten yang ini, tapi belum tentu cocok untuk penganten lain. Maka dari itu diperlukan adanya kesesuaian dan keseimbangan dalam dandanan. Yang tidak kalah penting dari itu adalah sebisa mungkin diusahakan agar pengantin tetap tampil alami, tidak ditopengi makeup sehingga terlihat menor.

Wallahu A'lam.