Langsung ke konten utama

Mematikan Fitur Autoplay Pada Windows

Pertanyaannya 'kenapa?' Kenapa harus dimatikan?

Yak.. Autoplay pada Windows di satu sisi sangat berguna bagi user, terutama user pemula. Fitur ini akan langsung mengaktifkan aplikasi pada media penyimpanan ketika media tersebut dipasang ke komputer. Jadi pemula pun tidak perlu bingung untuk untuk memasang aplikasi pada komputer, cukup mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan oleh software instalasi.

Hampir semua CD/DVD software disertai dengan sebuah file (biasanya bernama autorun.inf) yang dapat mengeksekusi software tersebut. File ini akan dibaca dan dijalankan secara otomatis oleh Windows sehingga saat CD/DVD dimasukkan, proses installasi akan langsung dimulai. Hal ini juga berlaku pada media penyimpanan lain seperti flashdisk dan memory card yang telah disetting khusus.

Masalahnya, tidak semua user tahu program apa yang akan dijalankan oleh file autorun.inf tersebut. Mereka juga tidak tahu apakah file itu masih asli atau sudah dimodifikasi. Bisa jadi file tersebut malah menjalankan program virus yang ada pada flashdisk atau penyimpanan lainnya. User sudah terlambat untuk menyadarinya saat virus itu telah berhasil dieksekusi, komputer pun terinfeksi. Resiko semakin besar tatkala di komputer tidak terpasang antivirus yang up to date.

Jadi, solusinya ialah dengan mematikan fitur Autoplay ini sehingga tidak sembarang program dapat menyusupi komputer tanpa kita ketahui. Hanya program-program yang kita eksekusi secara manual saja yang berjalan di komputer kita.

Baiklah, mari kita mulai langkah-langkahnya!

1. Bukan Local Group Policy Editor dengan menekan kombinasi tombol Win+R dan memasukkan perintah "gpedit.msc" pada kotak Open. Lalu tekan Enter


2. Ketika jendela Local Group Policy Editor terbuka, masuklah ke User Configuration - Administrative Templates - All Settings lalu buka Turn off Autoplay


3. Pada jendela Turn off Autoplay tandai pilihan Enabled, dan pada kotak Options: - Turn off Autoplay on: pilih All Drives dan klik OK


Selesai!

Kini tidak sembarang program akan berjalan secara otomatis di komputer kita. Dengan begitu, resiko komputer terinfeksi virus dapat diminimalisir. Semoga bermanfaat! :)