Langsung ke konten utama

Trik Sederhana Memperkecil Ukuran File

File 2 GB jadi 500 MB? Mimpi kali.......!

Eit... tunggu dulu! tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Dengan progam yang sangat-sangat populer dan kecil ini, kamu bisa mewujudkan mimpi kamu itu. Memang terkadang kita kelimpungan ketika flashdisk udah full, tapi tugas masih seabrek yang harus didonlot/dicopy. Masalah ini bisa kita siasati dengan memperkecil ukuran file 'bongsor' kita.

Nah, kali ini saya akan berbagi trik sederhana untuk menghemat ruang harddisk atau flashdisk kamu dengan memperkecil ukuran file.
Sebenarnya ini adalah trik umum yang banyak dipakai orang, tapi trik ini sangat berguna utamanya bagi newbie yang punya kapasitas flashdisk pas-pasan.

Memperkecil ukuran file biasa disebut dengan istilah 'compression' atau kompresi. Database Shamela Library milik saya yang kapasitasnya 8 GB bisa dikompresi menjadi hanya 1,8 GB saja. Jadi kita sudah bisa menghemat ruang harddisk lebih dari 6 GB. Luar biasa bukan?

Caranya sangat mudah. Untuk memperkecil ukuran file, salah satunya ialah dengan cara merubahnya ke dalam bentuk archive (arsip). Program yang bisa dipakai cukup beragam, namun yang populer digunakan ialah WinRAR, WinZip, dan 7-Zip. Program yang akan kita gunakan kali ini ialah WinRAR.

  1. Klik kanan file yang akan kamu kompresi, lalu pilih 'Add to Archive'
  2. Setelah itu akan muncul dialog box. Nah pada Archive format pilih RAR, karena format .rar memiliki sistem kompresi yang lebih baik daripada format .zip dan mendukung encrypt data
  3. Selanjutnya pada Compression method pilih Best untuk hasil kompresi maksimal (rasionya bisa mencapai 5% bahkan kurang, tergantung format file yang dikompresi) seperti gambar di samping.
  4. Setelah itu klik OK.
Sekarang kamu sudah bisa melihat hasilnya di direktori yang sama dengan file yang dikompressi. Kamu bisa bandingkan ukuran file berbentuk .rar dengan file asli.

Berikut ini adalah contoh file 'Rekap X, XI, XII' berekstensi .xls yang telah saya kompresi ke dalam bentuk .rar dengan cara di atas dan rasionya mencapai 32% (semakin kecil rasion berarti semakin bagus hasil kompresinya. Rasio 99% menunjukkan tidak adanya penurunan ukuran file). File Excel yang awalnya berukuran 2,7 MB berhasil saya kompresi menjadi 0,9 MB (893 KB), tidak sampai separuh ukuran file asli.

Namun sebagai catatan, cara ini tidak akan berpengaruh pada file-file gambar terkompresi, seperti .jpg, dan .gif, termasuk di antaranya file-file video seperti .flv, .dat, .rmvb dan lain-lain.

Semoga bermanfaat!

Komentar

Unknown mengatakan…
Kosaya mah suka tetap saja ukuran nya? mhon bantuan nya?
Eternia mengatakan…
Lumayan gan jadi sedikit lebih kecil filenya, daripada ngga kecil sama sekali
Software Full Crack mengatakan…
Ok makasi boz untuk tutorialnya