Langsung ke konten utama

Memproteksi File MsOffice 2007

Bagi yang masih baru menggunakan Microsoft Office 2007, mungkin masih agak asing dengan fitur dan tampilan yang banyak berubah dibanding Office 2003. Namun dalam penilaian saya, Microsoft Office 2007 lebih mudah dioperasikan dan tidak ribet, karena ada fitur Quick Access dan Ribbon sehingga tidak usah repot-repot masuk ke Menu Bar.

Nah, kali ini saya mau sharing bagaimana cara memproteksi file Microsoft Office 2007 dengan password
untuk menjaga privasi file-file yang kamu anggap pribadi agar tidak bisa diakses oleh orang lain. Cara ini bekerja pada file Ms Word (.docx), Ms Excel (.xlsx) dan Ms PowerPoint (.pptx) saja, sedangkan Ms Access, Ms Publisher dan MsOffice lainnya tidak masuk dalam pembahasan kali ini.

Pertama-tama buka file yang akan kamu beri password. Setelah itu itu klik Office Button (terletak di pojok atas sebelah kiri), short Prepare lalu pilih Encrypt Document

 
 maka akan muncul jendela seperti dibawah ini
 











Masukkan password untuk mengunci file. Pastikan bahwa password yang kamu masukkan tidak mudah ditebak orang lain tapi juga tidak mudah kamu lupakan. Setelah itu tekan Enter maka akan muncul jendela Confirm Password seperti di bawah ini

 

Masukkan kembali password yang tadi telah kamu masukkan lalu tekan Enter. Setelah itu Save file dan selesai.

Untuk memastikan bahwa file kamu sudah terpassword, tutuplah file tersebut dan buka lagi. Kalau berhasil maka akan muncul jendela Password seperti di bawah ini.



Masukkan passwordnya dan tekan Enter.

Sebagai catatan, cara ini hanya bekerja pada file MsOffice asli seperti .doc/.docx, dan .xls/xlsx dan tidak berpengaruh pada file berekstensi .rtf walaupun disimpan dengan program Ms Word.